Sabtu, 07 Maret 2009

Pentingnya Cuci tangan

Tangan merupakan salah satu organ tubuh kita yang sering berhubungan dengan aktivitas. Dimana kita tahu bahwa setiap orang memiliki aktivitas yang berbeda-beda, ada yang sering bermain-main dengan sampah-sampah kotor dan menjijikkan ada pula yang hanya duduk manis diatas kursi yang nyaman. Seperti kita tahu bahwa kuman selalu ada dimana, tidak pandang bulu baik ditempat yang kelihatannya bersih atau disuatu tempat yang memang kotor sekali.
Saya merasa prihatin dengan menggunungnya sampah didaerah perkotaan yang merupakan sentral dari populasi manusia. Disana banyak terdapat rumah-rumah dipinggir kali sehingga sampahnya langsung dibuang ke aliran sungai atau karena banyaknya pemukiman penduduk sehingga tidak ada lahan untuk membuang sampah. Melihat fenomena tersebut kita bisa membayangkan betapa banyaknya kuman-kuman, bakteri-bakteri serta virus-virus yang berterbangan di udara ke sana-kemari yang tentunya tidak dapat kita lihat dengan mata telanjang.
Bakteri yang ada akan membawa penyakit bagi tubuh kita secara sengaja atau tidak. Bakteri ada yang bersifat toksik dan ada pula yang menguntungkan bagi kesehatan kita. Untuk itu perlu dibiasakan selalu mencuci tangan kita sebelum melakukan aktivitas baik itu makan, tidur ataupun aktivitas yang lain. cuci tangan memang kelihatan sepele dan sering dilupakan oleh manusia walaupun hal tersebut tidak membutuhkan energi yang besar. Mereka tidak begitu perhatian terhadap organ yang sangat penting tersebut, dengan berbagai alasan mereka mengindahkan untuk mencuci tangan mereka sebelum melakukan aktivitas karena waktu yang mepet, malas atau karena alasan yang lain.
Pola hidup seseorang berpengaruh terhadap kesehatan tubuhnya. Untuk itu bila kita ingin hidup sehat sebaiknya kita juga merubah kebiasaan hidup yang kurang sehat. Kebanyakan orang sakit biasanya karena kurang memperhatikan dan tidak menjalankan pola hidup yang baik dan sehat. Seperti istilah yang sering kita dengar "Mensana in corpore sanno" yang berarti bahwa di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat pula. Oleh karena itu menjaga kebersihan anggota tubuh itu sangat penting sebab bisa berpengaruh terhadap kesehatan tubuh kita.
Kebanyakan dari kita mulai sadar akan pentingnya pola hidup yang sehat justru setelah kita, anggota keluarga, teman atau orang yang dekat dengan kita menderita suatu penyakit yang serius.
Pola hidup yang sehat akan memberikan manfaat kepada kesehatan kita diantaranya:
Tubuh kita jarang terserang penyakit
Membuat usia kita lebih panjang
Dapat menikmati alam lebih lama
Membentuk keluarga yang harmonis
Menciptakan suasana rumah yang nyaman dan menyehatkan
Membentuk jasmani dan rohani yang bersih dan sehat
Meningkatkan kedisiplinan dalam hidup
Dll
Beberapa cara atau tips untuk mendapatkan hidup sehat, diantaranya:
1. Makan-makanan yang bergizi dan higienis
2. Olahraga yang teratur
3. Minum air yang menyehatkan
4. Mendapatkan sinar matahari yang cukup
5. Mampu mengendalikan pola hidup yang sehat
6. Udara yang bersih dan sehat
7. Memiliki waktu istirahat yang cukup
8. Dan yang paling penting harus dimulai dari yang kecil yaitu mencuci tangan sebelum melakukan segala aktivitas.
Makanan yang bergizi dan higienis belum tentu yang harganya mahal, itu semua tergantung dari yang mengolahnya mulai dari memilih, mencuci dan memasak. Olahraga yang teratur juga diperlukan untuk kesehatan kita, misalnya dengan jogging setiap hari selama 10 menit itu sudah cukup atau jalan kaki 1000 langkah setiap harinya. Air yang menyehatkan juga diperlukan oleh tubuh, dimana 90% dari tubuh kita terdiri dari plasma atau zat cair. Kita perlu minum air putih setiap harinya 2-2,5 liter setiap harinya atau kira-kita 8 gelas setiap harinya. Sinar matahari yang cukup juga mendukung kesehatan kita karena dalam sinar matahari terdapat vitamni D yang berfungsi untuk kesehatan tulang kita sehingga baik untuk pertumbuhan kita. Udara yang bersih juga berpengaruh, dimana kita setiap hari bernafas dengan udara tanpa terhitung bepara kali. Bisa kita bayangkan jika udara yang kita hirup itu banyak terdapat kuman atau virus pembawa penyakit pasti kesehatan kita akan terganggu. Istirahat yang cukup juga diperlukan, ini berlaku lebih untuk orang-orang yang terlalu sibuk dengan kesibukannya dalam bekerja. Ini adalah hal yang perlu digaris bawahi dan sangat penting yaitu mencuci tangan sebelum melakukan aktivitas.
Setelah kita mengetahui manfaat dan beberapa tips untuk menuju terciptanya pola hidup yang sehat, alangkah lebih baiknya jika menerapkan hal-hal tersebut diatas dalam kehidupan kita sehari-hari.
Kita sering mengingatkan kepada seseorang sebelum makan sebaiknya cuci tangan dulu namun kita sendiri sering lupa untuk melakukannya padahal kita sudah tahu apa akibatnya. Karenanya kita harus selalu mejaga kebersihan tangan kita. Manfaat cuci tangan dengan menggunakan sabun sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh kita. Seperti yang kita ketahui tangan yang belum dicuci, banyak mengandung kuman penyebab penyakit.
Kesehatan adalah anugerah yang paling mahal harganya, sekalipun orang itu memiliki uang yang tidak terhitung jumlahnya bila dia terserang penyakit yang ringan sekalipun pasti tidak akan merasa senang, sebab semuanya akan terasa pahit dimulut sekalipun makanan tersebut adalah makanan favorit yang harganya beratus-ratus ribu. Hal itu akan sangat berbeda bila ada seseorang yang miskin tetapi kalau tubuhnya sehat sekalipun makan tahu tempepun akan serasa makan ayam goreng.
Marilah kita semua menjaga kesehatan kita mulai dari yang kecil dulu yaitu dengan mencuci tangan dengan menggunakan sabun. Buah dan sayur saja sebelum dimasak harus dicuci terlebih dahulu padahal mereka termasuk dalam benda tak hidup apalagi kita manusia yang jelas-jelas merupakan makhluk yang bergerak. Dimana kita sering bergelut dengan kuman penyakit di luar sana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar