Senin, 29 Maret 2010

Waktu dan cara yang tepat dalam mengkonsumsi buah-buahan

Kebiasaan orang untuk mengkonsumsi buah-buahan setelah makan sebenarnya kurang baik sebab buah-buahan tersebut akan tertahan didalam lambung karena sebelumnya sudah ada makanan yang masuk ke lambung terlebih dahulu, sehingga mengakibatkan kembung perut dan sembelit sehingga kegiatan seperti di atas dapat mengganggu kerja dari lambung. Oleh karena itu, waktu yang baik untuk mengkonsumsi buah-buahan ialah sebelum sarapan pagi pada saat perut kita masih kosong. Mengkonsumsi buah-buahan sebelum sarapan pagi tidak hanya memperoleh gizi yang diperlukan saja tetapi, juga bisa memperbaiki fisik asam darah yang diakibatkan oleh kebiasaan makan kurang sehat, yaitu hanya suka terhadap jenis makanan tertentu saja selain itu juga bisa melindungi sistem kekebalan tubuh.
Mengkonsumsi buah-buahan setelah makan sebaiknya dilakukan 2 hingga 3 jam setelahnya. Namun, ada sejumlah buah-buahan yang tidak cocok untuk dikonsumsi pada saat perut kita kosong atau dikonsumsi bersama dengan makanan berlemak, misalnya kesemak, karena mengandung phlobatannia yang berakibat pembekuan pada materi yang bersifat asam, dan memicu terbentuknya batu lambung.
Tubuh manusia memerlukan hampir 50 jenis materi gizi baru sehingga bisa memelihara kelangsungan hidupnya, setiap hari membutuhkan 65 gram protein, 20 gram lemak untuk menjaga pembaruan dan perbaikan organ tubuh. Buah-buahan mengandung 85 persen air. Sebaiknya pengurangan berat badan dilakukan secara sehat dan rasional, dan jangan melakukan upaya pelangsingan tubuh dengan jalan semata-mata menggantikan nasi dengan buah-buahan. Sehingga diperlukan pengetahuan yang cukup untuk mengetahui hubungan antara buah-buahan dengan kesehatan, untuk itu sebaiknya kita mengkonsumsi buah-buahan secara sehat dan rasional untuk menjaga kesehatan (Charley, 2007).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar