Senin, 29 Maret 2010

Pola Hidup Yang Sehat dan Benar

Pola hidup seseorang berpengaruh terhadap kesehatannya, untuk itu sebaiknya kita perlu merubah pola hidup kita yang kurang baik. Banyak orang yang jatuh sakit dan akhirnya meninggal karena kurang memperhatikan pola hidup yang baik dan sehat. Untuk mendapatkan hidup yang sehat sebaiknya kita melaksanakan pola hidup yang baik dan sehat. Kita baru sadar tentang pola hidup sehat apabila kita menderita suatu penyakit.
Beberapa tips untuk mendapatkan pola hidup sehat, yaitu: “8 Dokter yang ajaib” (NEWSTART) :
· N=Nutrition atau nutrisi yaitu makanan minuman
· E=Exercise (olahraga)
· W=Water (air minum yang sehat)
· S=Sunshine (sinar matahari)
· T=Temperance (pengendalian diri untuk melakukan pola hidup yang baik dan sehat)
· A=Air (udara yang bersih dan sehat)
· R=Rest (istirahat atau tidur yang cukup)
· T=Trust in God (percaya kepada Tuhan Pencipta kita) (Charley, 2007).

Pola hidup sehat juga bisa dilakukan dengan cara:
· Mengkonsumsi buah dan sayur yang terhindar dari pestisida
Makanan yang kita makan jika masih mangandung pestisida dapat membahayakan kesehatan tubuh kita misalnya saja kita bisa keracunan.
· Mencuci buah dan sayur sebelum dimasak
Hal ini perlu dilakukan karena buah dan sayur yang akan kita masak sebaiknya dibersihkan terlebih dahulu. Untuk buah dan sayur bisa dicuci engan mengunakan sabun cuci untuk buah dengan air yang mengalir.


· Memilih dan menyimpan buah atau sayuran atau bahan yang akan dimasak.
· Mengkonsumsi dengan cara dan waktu yang tepat
Mengkonsumsi buah-buahan setelah makan sebaiknya dilakukan 2 hingga 3 jam setelahnya. Namun, ada sejumlah buah-buahan yang tidak cocok untuk dikonsumsi pada saat perut kita kosong atau dikonsumsi bersama dengan makanan berlemak, misalnya kesemak. Waktu yang baik untuk mengkonsumsi buah-buahan ialah sebelum sarapan pagi pada saat perut kita masih kosong. Mengkonsumsi buah-buahan sebelum sarapan pagi tidak hanya memperoleh gizi yang diperlukan saja tetapi, juga bisa memperbaiki fisik asam darah
Pola hidup yang sehat perlu kita biasakan sejak dini agar kita bisa bersiap-siap untuk melindungi diri sebelum penyakit itu datang menyerang kita. Pola hidup sehat tidak berarti harus mengkonsumsi makanan yang mahal dan bermerk yang penting bersih, segar dan kita dapat mengolahnya dengan baik dan benar sehingga dapat menunjang kesehatan kita.
Pola hidup sehat juga tidak perlu mahal tetapi itu semua tergantung dari makanan yang kita konsumsi. Faktanya banyak orang kaya (sering makan daging, ikan, serta makanan yang berlemak) yang berlebih, tetapi mereka malah sering terserang penyakit yang berbahaya seperti kolesterol, darah tinggi, diabetes dan penyakit berbahaya lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar